PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS I SEMESTER 1
SILABUS
Nama Madrasah : MI/MIS
Mata Pelajaran :
Akidah-Akhlak
Kelas/Semester : I (satu)/ 1
Standar Kompetensi : 1. Mengenal rukun
iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al
Kholiq)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1.
Menghafal enam Rukun Iman.
|
§ Enam rukun
iman
§ Arti rukun iman
§ Urutan rukun iman
§
Ciri-ciri orang beriman
|
§
Membaca refrensi tentang rukun iman
§
Menghafal enam rukun iman mela-lui : menyanyikan lagu
dan tepuk, per-mainan siapa aku, tanya jawab rukun iman
§
Bermain lari bendera dan menyu-0sun puzzle untuk mengurutkan rukun
iman
§
Menemukan pengertian rukun iman melalui: kerja
berpasang an dan ta-nya Jawab.
§ Membahas ciri-ciri orang yang ber-iman melalui : kerja
kelompok; pre-sentasi hasil kerja dan bermain dengan TTS.
§ Membuat
rangkuman
|
§
Menyebutkan enam rukun iman
§ Mengurutkan enam rukun iman
§
Menghafal enam
Rukun Iman
§
Menjelaskan rukun iman
§ Menyebutkan cirri-ciri orang yang beriman
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
4
jam
|
Syair lagu
Kartu rukun iman
LKS
Bendera
TTS
|
1.2. Menghafal dua kalimat syahadat. |
§
Definisi syahadatain
§
Jenis syahadat
§
Syahadatain
§
Syahadatain
|
§ Menemukan definisi syahadatain melalui: kerja
berpasangan
§ Tanya jawab dan menyusun puzzel untuk membahas jenis
sya-hadat
§ Melafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul melalui:
contoh lafal yang diucapakan guru.
§ Kerja berpasangan untuk menghafalkan syahadat Tauhid
dan syahadat Rosul
|
§
Mendefinisikan syahadatain
§
Menyebutkan jenis syahadat
§ Melafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
§ Menghafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
2
jam
|
Buku paket
|
1.3. Mengartikan dua kalimat syahadat |
§ Arti syahadat
Tauhid
§ Arti syahadat
Rosul
§ Waktu kalimat
syahadatain diucapkan
|
§ Membaca
refrensi tentang dua kalimat syahadat secara individu
§
Menemukan
pengertian syahadat Tauhid melalui: lagu aku bersaksi dan bertanya jawab
§
Menghafalkan
arti syahadat Rosul melalui: lagu aku bersaksi dan bertanya jawab
§
Diskusi
kelompok membahas tentang waktu pengucapan kalimat syahadatain
§ Presentasi hasil
diskusi kelompok
§ Bermain TTS
|
§
Mengartikan syahadat Tauhid
§
Mengartikan syahadat Rosul
§
Menghafal dua
kalimat syahadat
§ Menyebutkan waktu pengucapan kalimat syahadatain
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
4
jam
pelajaran
|
§ Buku paket
§ Lagu aku bersaksi
§
Hasil kerja
siswa
§ TTS
|
1.4. Mengenal sifat-sifat Allah (Al Ahad dan al Kholiq) melalui kisah Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhannya |
§ Definisi Al-Asma Al-Husna Al Ahad
dan al Kholiq
§ Kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan
§ Contoh perbuat-an musyrik
§ Akibat perbuatan musyrik
|
§ Membaca materi tentang
Al-Asma Al-Husna Al Ahad dan al Kholiq
§ Mencari pengertian
Al-Asma Al-Husna dari buku referensi
§ Membaca Al-Asma
Al-Husna secara keseluruhan
§ Latihan menulis
Al-Asma Al-Husna Al Ahad dan al Kholiq beserta
artinya di buku tulis
§ Latihan membuat kaligrafi tentang Al-Asma Al-Husna
tersebut
§ Berdiskusi dengan guru dan temannya tentang materi
tersebut
§ Mencari bukti-bukti bahwa Allah bersifat Al Ahad
dan al Kholiq
§ Tanya jawab
§ Menyimak kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan melalui
tayangan VCD
§ Menarik kesimpulan dari tayangan VCD
§ Memberi nama bagi orang yang menyembah selain Allah
melalui: kerja berpa-sangan dan tanya jawab
§ Membahas contoh perbuatan musyrik melalui diskusi
kelompok dan tanya jawab
§ Membahas akibat perbuatan musyrik melalui diskusi
kelompok dan mengerjakan LKS
|
§
Mendefinisikan
asma’ul husna
§
Melafalkan Al
Ahad dan al Kholiq
§
Mengartikan Al
Ahad dan al Kholiq
§
Menunjukkan
contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Kholiq
§
Menunjukkan
contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat Al Ahad
§
Menyimak kisah
Nabi Ibrahim mencari Tuhan
§
Memberi nama
bagi orang yang menyembah selain Allah
§
Menunjukkan
contoh perbuatan musyrik
§
Menjelaskan
akibat perbuatan musyrik
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
6
jam
|
§
Buku paket
§
Lingkung-an
sekitar
§
Benda-benda di
sekitar
§
VCD Nabi
Ibrahim
§ LKS
|
Standar Kompetensi
: 2. Membiasakan akhlak terpuji
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1. Membiasakan sifat disiplin dan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Pengertian disiplin dan hidup bersih
§ Disiplin di rum-ah, Madrasah dan tempat ibadah
§ Cara merawat badan, pakaian dan tempat
§ Mandi, gosok gigi dan kera-mas serta setelah buang air
kecil atau besar
§ Mencuci, men-jemur pakaian, menyeterika dan melipat
pakaian
§ Menyapu, me-ngepel dan mem bersihkan debu
|
§ Membahas pengertian disiplin dan hidup bersih melalui
bertanya jawab
§ Mendata perbuatan yang harus di-kerjakan secara disiplin
(di rumah, Madrasah dan tempat ibadah)
§ Mencari contoh sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan
tempat ibadah) melalui presentasi hasil kerja.
§ Membahas tata cara merawat badan, pakaian dan tempat
§ Mencari contoh perbuatan hidup bersih (badan, pakaian dan
tempat)
§ Mengerjakan LKS
§ Membahas keuntungan memiliki sikap disiplin dan hidup
bersih bagi dirinya dan orang lain melalui kerja berpasangan dan presentasi
hasil kerja
§ Membahas akibat tidak disiplin dan tidak hidup bersih
bagi dirinya dan orang lain melalui kerja berpasangan dan presentasi hasil
kerja
§ Membahas etika mandi, gosok gigi dan keramas serta
setelah buang air kecil atau besar.
§ Membahas tat cara mencuci, menjemur pakaian,
menyeterika dan melipat pakaian.
§ Praktek menyapu, mengepel dan membersihkan debu.
§
Mengerjaka LKS
|
§ Mengartikan
disiplin dan hidup bersih
§ Menunjukkan contoh sikap disiplin (di rumah,
Madrasah dan tempat ibadah)
§
Menunjukkan contoh perbuatan hidup bersih
§ Menunjukkan keuntungan memiliki sikap disiplin dan
hidup bersih
§ Menunjukkan akibat tidak disiplin dan tidak hidup
bersih
§ Mempraktekkan sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan
tempat ibadah)
§ Mempraktekkan hidup bersih (badan, pakaian dan tempat)
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Perfor mance
Unjuk kerja
|
6 x 40’
|
Buku paket
Hasil kerja siswa
LKS
TTS
|
2.2. Membiasakan berakhlak baik ketika mandi, ti dur dan buang air be
sar/kecil dalam kehi dupan se-hari-hari
|
§
Adab ketika
akan mandi, buang air besar/kecil
§
Do’a ketika
akan masuk ke kamar mandi
§
Adab setelah
mandi, buang air besar/kecil
§
Do’a ketika
keluar dari kamar mandi
§
Adab ketika
mandi, buang air besar/kecil
§
Manfaat adab ke
tika mandi, buang air besar/kecil
§
Adab ketika
akan tidur
§
Do’a akan tidur
§
Adab ketika
bermimpi
§ Do’a ketika bermimpi
§ Adab ketika bangun tidur
§ Do’a bangun tidur
§ Manfaat adab ketika tidur
|
§
Kerja
berpasangan membahas adab ketika akan mandi, buang air besar/kecil
§
Menghafal do’a
ketika akan masuk ke kamar mandi
§
Kerja
berpasangan membahas adab ketika mandi, buang air besar/kecil
§
Berbagi
pengalaman dan kerja berpasangan tentang adab setelah mandi, buang air
besar/kecil melalui
§
Menghafal do’a
ketika keluar dari kamar mandi
§
Mencari contoh
dan sosio drama mempraktekkan adab ketika mandi, buang air besar/kecil
§
Kerja
berpasangan dan tanya jawab tentang manfaat beradab secara Islami ketika
mandi, buang air besar/kecil
§
Berbagi
pengalaman dan kerja berpasangan Menyebutkan adab ketika akan tidur
§
Menghafal do’a
akan tidur
§
Berbagi
pengalaman dan kerja berpasangan membahas adab ketika tidur (bermimpi)
melalui
§
Menghafal do’a
ketika bermimpi
§
Berbagi
pengalaman dan kerja berpasanga tentang adab ketika bangun tidur
§
Menghafal do’a
bangun tidur
§
Diskusi
kelompok tentang manfaat berakhlak baik ketika tidur
§
Membuat
rangkuman
|
§ Menyebutkan etika ketika akan mandi, buang air besar/kecil
§ Menyebutkan etika ketika mandi, buang air besar/kecil
§ Menyebutkan etika setelah mandi, buang air besar/kecil
§ Menyebutkan do’a akan masuk dan keluar kamar mandi
§ Menjelaskan manfaat berakhlak baik ketika mandi, buang
air besar/kecil
§ Menyebutkan etika ketika akan tidur
§ Menyebutkan adab ketika tidur (bermimpi)
§ Menyebutkan etika ketika bangun tidur
§ Menyebutkan do’a sebelum dan sesudah tidur
§ Menjelaskan etika ketika tidur
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Perfor mance
Hafalan
|
6 x 40’
|
Buku
paket
Pengalaman
siswa
|
Standar Kompetensi
: 3. Menghindari akhlak tercela
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1Membiasakan diri
untuk menghindari hidup kotor dalam
kehidupan sehari-hari
|
§
Pengertian
ahlak tercela
§
Pengertian
hidup kotor
§
Jenis perbuatan
yang termasuk hidup kotor
§
Cara
menghindari hidup kotor
§
Nilai positif
dari sikap menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain
§
Nilai negatif akibat
tidak menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain
|
§ Mengartikan akhlak tercela melalui bertanya jawab dan
kerja berpasangan tentang nama lain dari ahlak tercela.
§ Bertanya jawab tentang arti hidup kotor
§ Mendata perbuatan yang termasuk hidup kotor (mengamati
kehidupan pemulung)
§ Menyebutkan contoh perbuatan hidup kotor melalui tanya
jawab
§ Menceritakan cara menghindari perbuatan yang termasuk
hidup kotor
§ Menunjukkan contoh perbuatan cara menghindari hidup
kotor
§ Menunjukkan keuntungan memiliki sikap menghindari hidup
kotor bagi dirinya dan orang lain melalui diskusi kelompok dan presentasi
hasil kerja
§ Menunjukkan akibat tidak menghindari hidup kotor bagi
dirinya dan orang lain melalui diskusi kelompok, dan bermain dengan TTS
|
§
Menjelaskan pengertian
akhlak tercela
§
Menjelaskan pengertian hidup kotor
§
Menyebutkan
contoh perbuatan hidup kotor
§
Menunjukkan
contoh cara menghindari hidup kotor
§
Menunjukkan
keuntungan memiliki sikap menghindari hidup kotor
§
Menunjukkan
akibat hidup kotor
|
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk:
Isian
Uraian
Performance
|
4
jam
|
§
Buku paket
§
Hasil kerja
siswa
§ TTS
|
........ , …………………
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah
_________________ ________________________
NIP./NRK. NIP./NRK.
Casino Site – A trusted online casino! - ChoEgocasino
BalasHapusOnline casino for real money. Play slots, blackjack, 샌즈카지노 live dealer and more. Play now at ChoEgocasino.com. More 메리트 카지노 고객센터 than 200 slots, live 카지노사이트 table games,