http://freecodesource.com/blogger-layouts/preview.php?id=L554289413

Minggu, 04 Oktober 2015

SILABUS AQIDAH KLS 1 SMT 1



 




morac

PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS


MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS I  SEMESTER 1

SILABUS


Nama Madrasah        : MI/MIS
Mata Pelajaran           : Akidah-Akhlak
Kelas/Semester         : I (satu)/ 1

Standar Kompetensi  :  1. Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq)

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
1.1.          Menghafal enam Rukun Iman.
§  Enam rukun iman
§  Arti rukun iman
§  Urutan rukun iman
§  Ciri-ciri orang beriman
§  Membaca refrensi tentang rukun iman
§  Menghafal enam rukun iman mela-lui : menyanyikan lagu dan tepuk, per-mainan siapa aku, tanya jawab rukun iman
§  Bermain lari bendera dan  menyu-0sun puzzle untuk mengurutkan rukun iman
§  Menemukan pengertian rukun iman melalui: kerja berpasang an dan ta-nya Jawab.
§  Membahas ciri-ciri orang yang ber-iman melalui : kerja kelompok; pre-sentasi hasil kerja dan bermain dengan TTS.
§  Membuat rangkuman

§  Menyebutkan enam rukun iman
§  Mengurutkan enam rukun iman
§  Menghafal enam Rukun Iman
§  Menjelaskan rukun iman
§  Menyebutkan cirri-ciri orang yang beriman
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance



4 jam

Syair lagu
Kartu rukun iman
LKS
Bendera
TTS

1.2.          Menghafal dua kalimat syahadat.


§  Definisi syahadatain
§  Jenis syahadat
§  Syahadatain
§  Syahadatain
§  Menemukan definisi syahadatain melalui: kerja berpasangan
§  Tanya jawab dan menyusun puzzel untuk membahas jenis sya-hadat
§  Melafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul melalui: contoh lafal yang diucapakan guru.
§  Kerja berpasangan untuk menghafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
§  Mendefinisikan syahadatain
§  Menyebutkan jenis syahadat
§  Melafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
§  Menghafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance
2 jam

Buku paket

1.3.          Mengartikan dua kalimat syahadat


§  Arti syahadat Tauhid
§  Arti syahadat Rosul
§  Waktu  kalimat syahadatain diucapkan
§  Membaca refrensi tentang dua kalimat syahadat secara individu
§  Menemukan pengertian syahadat Tauhid melalui: lagu aku bersaksi dan bertanya jawab
§  Menghafalkan arti syahadat Rosul melalui: lagu aku bersaksi dan bertanya jawab
§  Diskusi kelompok membahas tentang waktu pengucapan kalimat syahadatain
§  Presentasi hasil diskusi kelompok
§  Bermain TTS

§  Mengartikan syahadat Tauhid
§  Mengartikan syahadat Rosul
§  Menghafal dua kalimat syahadat
§  Menyebutkan waktu pengucapan kalimat syahadatain
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

4 jam
pelajaran
§ Buku paket
§ Lagu aku bersaksi
§ Hasil kerja siswa
§ TTS

1.4.          Mengenal  sifat-sifat Allah (Al Ahad dan al Kholiq) melalui kisah Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhannya

§  Definisi Al-Asma Al-Husna Al Ahad dan al Kholiq
§  Kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan
§  Contoh perbuat-an musyrik
§  Akibat perbuatan musyrik
§  Membaca materi tentang  Al-Asma Al-Husna Al Ahad dan al Kholiq
§  Mencari pengertian  Al-Asma Al-Husna dari buku referensi
§  Membaca  Al-Asma Al-Husna secara keseluruhan
§  Latihan menulis  Al-Asma Al-Husna Al Ahad dan al Kholiq beserta artinya di buku tulis
§  Latihan membuat kaligrafi tentang Al-Asma Al-Husna tersebut
§  Berdiskusi dengan guru dan temannya tentang materi tersebut
§  Mencari bukti-bukti bahwa Allah bersifat Al Ahad dan al Kholiq
§  Tanya jawab
§  Menyimak kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan melalui tayangan VCD
§  Menarik kesimpulan dari tayangan VCD
§  Memberi nama bagi orang yang menyembah selain Allah melalui: kerja berpa-sangan dan tanya jawab
§  Membahas contoh perbuatan musyrik melalui diskusi kelompok dan tanya jawab
§  Membahas akibat perbuatan musyrik melalui diskusi kelompok dan mengerjakan LKS

§  Mendefinisikan asma’ul husna
§  Melafalkan Al Ahad dan al Kholiq
§  Mengartikan Al Ahad dan al Kholiq
§  Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat al Kholiq
§  Menunjukkan contoh sederhana bahwa Allah memiliki sifat Al Ahad
§  Menyimak kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan
§  Memberi nama bagi orang yang menyembah selain Allah
§  Menunjukkan contoh perbuatan musyrik
§  Menjelaskan akibat perbuatan musyrik
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

6 jam

§ Buku paket
§ Lingkung-an sekitar
§ Benda-benda di sekitar
§ VCD Nabi Ibrahim
§ LKS


Standar Kompetensi  :  2. Membiasakan akhlak terpuji

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
2.1. Membiasakan sifat disiplin dan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari
§  Pengertian disiplin dan hidup bersih
§  Disiplin di rum-ah, Madrasah dan tempat ibadah
§  Cara merawat badan, pakaian dan tempat
§  Mandi, gosok gigi dan kera-mas serta setelah buang air kecil atau besar
§  Mencuci, men-jemur pakaian, menyeterika dan melipat pakaian
§  Menyapu, me-ngepel dan mem bersihkan debu
§  Membahas pengertian disiplin dan hidup bersih melalui bertanya jawab
§  Mendata perbuatan yang harus di-kerjakan secara disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah)
§  Mencari contoh sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah) melalui presentasi hasil kerja.
§  Membahas tata cara merawat badan, pakaian dan tempat
§  Mencari contoh perbuatan hidup bersih (badan, pakaian dan tempat)
§  Mengerjakan LKS
§  Membahas keuntungan memiliki sikap disiplin dan hidup bersih bagi dirinya dan orang lain melalui kerja berpasangan dan presentasi hasil kerja
§  Membahas akibat tidak disiplin dan tidak hidup bersih bagi dirinya dan orang lain melalui kerja berpasangan dan presentasi hasil kerja
§  Membahas etika mandi, gosok gigi dan keramas serta setelah buang air kecil atau besar.
§  Membahas tat cara mencuci, menjemur pakaian, menyeterika dan melipat pakaian.
§  Praktek menyapu, mengepel dan membersihkan debu.
§  Mengerjaka LKS
§  Mengartikan disiplin dan hidup bersih
§  Menunjukkan contoh sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah)
§  Menunjukkan contoh perbuatan hidup bersih
§  Menunjukkan keuntungan memiliki sikap disiplin dan hidup bersih
§  Menunjukkan akibat tidak disiplin dan tidak hidup bersih
§  Mempraktekkan sikap disiplin (di rumah, Madrasah dan tempat ibadah)
§  Mempraktekkan hidup bersih (badan, pakaian dan tempat)
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Perfor mance
Unjuk kerja
6 x 40’
Buku paket
Hasil kerja siswa
LKS
TTS

2.2. Membiasakan berakhlak baik ketika mandi, ti dur dan buang air be sar/kecil dalam kehi dupan se-hari-hari
§  Adab ketika akan mandi, buang air besar/kecil
§  Do’a ketika akan masuk ke kamar mandi
§  Adab setelah mandi, buang air besar/kecil
§  Do’a ketika keluar dari kamar mandi
§  Adab ketika mandi, buang air besar/kecil
§  Manfaat adab ke tika mandi, buang air besar/kecil
§  Adab ketika akan tidur
§  Do’a akan tidur
§  Adab ketika bermimpi
§  Do’a ketika bermimpi
§  Adab ketika bangun tidur
§  Do’a bangun tidur
§  Manfaat adab ketika tidur
§  Kerja berpasangan membahas adab ketika akan mandi, buang air besar/kecil
§  Menghafal do’a ketika akan masuk ke kamar mandi
§  Kerja berpasangan membahas adab ketika mandi, buang air besar/kecil
§  Berbagi pengalaman dan kerja berpasangan tentang adab setelah mandi, buang air besar/kecil melalui
§  Menghafal do’a ketika keluar dari kamar mandi
§  Mencari contoh dan sosio drama mempraktekkan adab ketika mandi, buang air besar/kecil
§  Kerja berpasangan dan tanya jawab tentang manfaat beradab secara Islami ketika mandi, buang air besar/kecil
§  Berbagi pengalaman dan kerja berpasangan Menyebutkan adab ketika akan tidur
§  Menghafal do’a akan tidur
§  Berbagi pengalaman dan kerja berpasangan membahas adab ketika tidur (bermimpi) melalui
§  Menghafal do’a ketika bermimpi
§  Berbagi pengalaman dan kerja berpasanga tentang adab ketika bangun tidur
§  Menghafal do’a bangun tidur
§  Diskusi kelompok tentang manfaat berakhlak baik ketika tidur
§  Membuat rangkuman

§  Menyebutkan etika ketika akan mandi, buang air besar/kecil
§  Menyebutkan etika ketika mandi, buang air besar/kecil
§  Menyebutkan etika setelah mandi, buang air besar/kecil
§  Menyebutkan do’a akan masuk dan keluar kamar mandi
§  Menjelaskan manfaat berakhlak baik ketika mandi, buang air besar/kecil
§  Menyebutkan etika ketika akan tidur
§  Menyebutkan adab ketika tidur (bermimpi)
§  Menyebutkan etika ketika bangun tidur
§  Menyebutkan do’a sebelum dan sesudah tidur
§  Menjelaskan etika ketika tidur
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Perfor mance
Hafalan

6 x 40’
Buku paket 
Pengalaman siswa



Standar Kompetensi  : 3. Menghindari akhlak tercela

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
3.1Membiasakan diri untuk menghindari  hidup kotor dalam kehidupan sehari-hari
§  Pengertian ahlak tercela
§  Pengertian hidup kotor
§  Jenis perbuatan yang termasuk hidup kotor
§  Cara menghindari hidup kotor
§  Nilai positif dari sikap menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain
§  Nilai negatif akibat tidak menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain
§  Mengartikan akhlak tercela melalui bertanya jawab dan kerja berpasangan tentang nama lain dari ahlak tercela.
§  Bertanya jawab tentang arti hidup kotor
§  Mendata perbuatan yang termasuk hidup kotor (mengamati kehidupan pemulung)
§  Menyebutkan contoh perbuatan hidup kotor melalui tanya jawab
§  Menceritakan cara menghindari perbuatan yang termasuk hidup kotor
§  Menunjukkan contoh perbuatan cara menghindari hidup kotor
§  Menunjukkan keuntungan memiliki sikap menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain melalui diskusi kelompok dan presentasi hasil kerja
§  Menunjukkan akibat tidak menghindari hidup kotor bagi dirinya dan orang lain melalui diskusi kelompok, dan bermain dengan TTS

§  Menjelaskan pengertian  akhlak tercela
§  Menjelaskan pengertian hidup kotor
§  Menyebutkan contoh perbuatan hidup kotor
§  Menunjukkan contoh cara menghindari hidup kotor
§  Menunjukkan keuntungan memiliki sikap menghindari hidup kotor
§  Menunjukkan akibat hidup kotor
Jenis:
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Bentuk: 
Isian
Uraian
Performance

4 jam

§ Buku paket
§ Hasil kerja siswa
§ TTS




 ........ , …………………
Mengetahui,                                                                                                                         Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah



_________________                                                                                                          ________________________
NIP./NRK.                                                                                                                             NIP./NRK.


1 komentar:

  1. Casino Site – A trusted online casino! - ChoEgocasino
    Online casino for real money. Play slots, blackjack, 샌즈카지노 live dealer and more. Play now at ChoEgocasino.com. More 메리트 카지노 고객센터 than 200 slots, live 카지노사이트 table games,

    BalasHapus